Obat Alami Sakit Gigi

Obat Alami Sakit Gigi – Sakit gigi sering kali menimbulkan rasa nyeri yang tidak tertahankan. Karena itu, kamu mungkin mencari obat alami sakit gigi dengan bahan bahan yang mudah di temukan di rumah.

Dilansir laman Healthline, ada sejumlah bahan alami yang bisa di jadikan obat untuk meringankan rasa sakit pada gigi. Tapi, pengobatan alami ini biasanya dapat mengatasi masalah sakit gigi yang ringan.

Untuk sakit gigi yang cukup parah atau lebih serius mungkin perlu pemeriksaan lanjut oleh dokter gigi, sehingga di ketahui penyebab dan pengobatannya yang lebih baik.

Meski begitu, kalau kalian mengalami sakit gigi ringan yang menyebabkan rasa nyeri, kamu dapat memanfaatkan bahan bahan herbal yang mungkin ada di rumah. Lantas, apa saja obat alami sakit gigi yang bisa di gunakan?

Berikut sejumlah obat sakit gigi dengan bahan alami yang dapat di pakai untuk meredakan rasa nyeri pada gigi

1. Air Garam

Bagi sebagian orang, cara efektif dan tercepat untuk mengatasi rasa nyeri saat sakit gigi yakni dengan berkumur air garam/ Air garam bertindak sebagai desinfektan alami yang bisa melonggarkan partikel makanan dan sisa sisa makanan yang mungkin tersangkut di sela gigi.

Untuk menggunakan cara ini, campurkan setengah sendok teh (sdt) garam ke dalam gelas air hangat. Kemudian gunakan sebagai obat kumur.

Selain itu, air garam juga bisa bantu mengurangi perdanganan dan menyembuhkan luka ke mulut.

Baca Juga : Bayi Prematur – Kenali Ciri – ciri, dan Perawatannya

2. Kompres Dingin

Pengobatan selanjutnya, yaitu mengkompres dingin area gigi yang nyeri. Ketika kompres dingin, pembuluh darah di area tersebut akan mengkerut. Ini membuat rasa sakit menjadi lebih ringan

Suhu dingin juga memang telah lama di ketahui dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan. Sehingga pengobatan kompres dingin pada area sakit gigi bisa di lakukan.

3. Bawang Putih

Bawang putih telah lama dikenal sebagai obat. Ini lantaran sifat antibakteri yang berhasiat. Bahan alami ini dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi dan bertindak sebagai pereda nyeri.

Cara memanfaatkan bawang putih sebagai obat alami sakit gigi yakni dengan melembutkan satu siung bawang putih. Lalu, oleskan ke area gigi yang sakit. Atau sebagai alternatif, kamu bisa mengunyah satu siung bawang putih segar dan diamkan sebentar di dekat gigi yang nyeri.

4. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji punya sifat antiinflamansi yang bisa menyebuhkan luka. Bahan ini juga memiliki aktivias antimikroba yang dapat bantu merawat mulut.

Untuk memanfaatkannya sebagai pereda sakit gigi, kamu dapat memanfaatkanya sebagai pereda sakit gigi, kamu dapat mengunyah daun jambu biji segar yang telah di cuci bersih selama beberapa waktu. Atau kalian dapat pula merebus daun jambu biji bersama air untuk di jadikan obat kumur

5. Ekstrak Vanili

Ekstrak vanili atau vanilla extract mengandung alkohol yang bantu menghilangkan rasa nyeri gigi. Sifat antioksidan yang dimilikinya juga terbukti efektif meredakan sakit gigi.