Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah agar Tetap Terawat

Tips Menjaga Kesehatan Kulit – Terdapat berbagai tips menjaga kesehatan kulit wajah yang perlu anda terapkan jika ingin memiliki kulit wajah sehat. Contohnya yaitu rutin memberisihkan muka, menggunakan produk perawatan, hingga istirahat yang cukup. Selengkapnya tentang cara merawat kesehatan kulit wajah dapat anda simak melalui ulasan di bawah ini.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Sebenernya, cara merawat kesehatan kulit wajah dapat di lakukan dengan menerapkan pola hidup sehat yang di barengi dengan penggunan produk produk perawatan wajah sesuai jenis kulit.

1. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Tips menjaga kesehatan kulit wajah paling dasar adalah dengan membersihkan wajah secara rutin dari sisa makeup, kotoran, dan minyak yang menempel. Dalam hal ini, anda dapat mencuci muka menggunakan sabun pembersih wajah. Apabila sebelumnya anda menggunakan makeup, sebaiknya bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan cairah pembersih, seperti micellar water atau cleaning oil.

Sebab, sisa makeup tidak sepenuhnya bisa di angkat dengan mencuci muka menggunakan sabun pembersih wajah saja. Jika dirasa sudah bersih, lanjutkan dengan mencuci muka menggunakan sabun pembersih wajah. Lakukan pijatan lembut dengan gerakan melingkar pada area wajah selama proses mencuci muka, sehingga kotoran dan minyak dapat terangkat. Kemudian, bilas area wajah menggunakan air mengalir sampai bersih.

2. Gunakan Pelembap

Tips menjaga kesehatan kulit wajah yang kedua yaitu menggunakan pelembap wajah usai membersihkan wajah. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kelembapan alami yang di miliki oleh kulit wajah anda. Selain itu, pastikan juga untuk memilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit anda.

Baca Juga : Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan yang Tak Disangka-sangka

Pelembap wajah yang baik umumnya mengandung bahan bahan untuk mengembalikna kelembapan alami dan struktur kulit wajah, memelihara keseimbangan pH kulit, serta mengurangi efek radikal bebas. Adapun beberapa bahan efektif yang dapat melembapkan kulit antaranya yaitu niacinamide, ceramide, dan gliserol.

3. Gunakan Tabir Surya

Tips menjaga kesehatan kulit wajah melalui produk perawatan juga dapat anda lakukan dengan menggunakan tabir surya setiap hendak beraktivitas di luar ruangan. Tabir surya dapat melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang dapat memicu bintik hitam, penuaan kulit, kerutan, peradangan, bahkan kanker kulit. Oleskan tabir surya ke wajah anda 15-20 menit sebelum keluar rumah. Ulangi pemakaian setiap 2 jam atau lebih, terutama jika anda berenang atau berkeringat

4. Konsumsi Makanan Sehat

Tips menjaga kesehatan kulit wajah selanjutnya adalah mengonsumsi makanan sehat seperti buah buahan, sayur sayuran, biji bijian, ikan yang mengandung lemak sehat, dan makanan berprotein tinggi seperti telur. Dengan mengonsumsi makanan makanan sehat tersebut, anda bisa mendapatkan nutrisi baik yang di butuhkan oleh kulit wajah.

Beberapa penilitian juga menunjukan bahwa anda dapat meningkatkan kesehatan kulit agar terlihat awet muda dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan minyak ikan. Mengonsumsi makanan tinggi antioksidan yang mengandung vitamin C dan vitamin E juga baik untuk kulit dari paparan lingkungan.

5. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Cara menjaga keseahtan kulit wajah secara alami dapat anda lakukan dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh untuk menjaga kesehatan skin barrier. Kurangnya asupan cairan dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Di mana dehidrasi dapat menyebabkan kulit terasa kering, kasar, dan bersisik saat di garuk.

Maka dari itu, anda perlu mengonsumsi air putih dengan cukup sebagai langkah menjaga keseluruhan struktur kulit. Dalam hal ini, anda dapat menyediakan air untuk membantu memenuhi kebutuhan cairah tubuh selama beraktivitas.