Site icon NewsFor.id | News For Indonesia Berita Terpercaya Untuk Masyarakat

Google Luncurkan Domain “.ing”, Adobe dan Canva Sudah Pakai

Google Luncurkan Domain

Google Luncurkan Domain – Google Registry, unit bisnis Google yang fokus pada layanan penyedia domain, meluncurkan Top Level Domain (TLD) baru yaitu .ing (dot ing). Domain tersebut di umumkan perusahaan lewat blog resmi Google.

“Domain tingkat atas ini siap untuk apa pun yang anda sukai,” kata Christina Yeh, tim di Google Registry, di kutip dari blog Google.

Hadirnya domain .ing terbilang menarik karena ada banyak kata yang bisa di pakai dengan imbuhan “ing”, khususnya dalam bahasa inggris. Imbuhan ini menunjukkan aktivitas yang sedang di jalankan.

Oleh karena itu, akan ada banyak domain .ing yang di taksir bakal menjadi rebutan. Contohnya think.ing, yang berarti sedang berpikir, buy.ing, go.ing, draw.ing dan lain sebagainya.

Di situs perusahaan registry domain dan web hosting Amerika Serikat (AS) Go Daddy, situs dengan domain itu di jual dengan harga cukup tinggi. Think.ing misalnya, di jual seharga 38.999,99 dollar AS atau setara sekitar Rp 622 juta per tahun.

Baca Juga : https://www.newsfor.id/kecepatan-internet-12-tbps-china-diklaim-tercepat-di-dunia/

Kemudian buy.ing, di jual seharga 129.999,99 dollar AS per tahun atau setara sekitar Rp 2 miliar per tahun. Adapun pendaftaran domain .ing sejak peluncuran domain tersebut.

Artinya, pelanggan sekarang bisa mendaftar domain .ing lewat perusahaan registry domain seperti Go Daddy, MrDomain, 101domain dan lain sebagainya.

Pelanggan juga bisa mengecek ketersediaan domain .ing yang di inginkan lewat situs get.ing sebelum membelinya di situs registrat domain tadi.

Untuk akses prioritas, pelanggan harus membayar biaya ekstra di luar biaya langganan domain .ing, sebanyak satu kali. Menurut Google, biaya ekstra itu akan berkurang setiap harinya, seiring di bukanya pendaftaran domain .ing untuk publik pada 5 Desember nanti.

“Anda bisa mendaftarkan domain .ing sebagai bagian dari Periode Akses Awal (Early Access Period/EAP) kami dengan biaya ekstra satu kali,” ujar Yeh.

Rincian harga domain .ing bisa di cek lewat situs get.ing atau via situs web perusahaan registrat domain seperti di sebut di atas.

Dipakai Canva dan Adobe

Lewat blognya, Google juga mengungkapkan bawa domain .ing sudah di pakai oleh sejumlah perusahaan kenamaan termasuk Canva dan Adobe.

Canva sebagai perusahaan penyedia aplikasi desain memakai domain .ing untuk situs design.ing dan draw.ing. Ketika di klik, pengguna akan di arahkan ke situs Canva untuk mulai menggambar atau mendesain aneka konten.

Adapun Adobe memakai domain .ing untuk edit.ing dan signing. Lewat tautan itu, pengguna akan di arahkan ke layanan edit online milik Adobe.

Siapkan domain .meme

Selain domain .ing, Google Registry juga menyediakan domain baru .meme. Pendaftaran awal domain .meme sudah di buka sejak 28 November 2023. Domain ini juga bakal tersedia untuk pengguna umum mulai 5 Desember.

Exit mobile version